Tentang kami

Bekasi, Jawa Barat, Indonesia
ARANA adalah sebuah Majalah Islam yang terbit tiap bulan di bawah Yayasan IRENA CENTER. Dengan misi utama membentengi Aqidah ummat dan membina Muallaf.

Minggu, Februari 10, 2008

Ajaran Kristen menganjurkan minum Khamr




Khamr adalah apa saja yang mempunyai potensi memabukkan. Khamr tidak identik dengan alkohol, walaupun dalam khamr itu banyak kandungan alkoholnya dan memabukkan. Rasulullah saw pernah ditanya tentang minuman yang dibuat dari madu, jagung atau gandum yang diperas hingga menjadi minuman keras, maka beliau menjawab : Setiap yang memabukkan adalah khamr, dan setiap khamr adalah haram (HR.Muslim).

Keharaman khamr itu tidak diukur dari sedikit atau banyaknya kandungan khamr tersebut. Rasulullah saw menegaskan : Apa saja yang banyaknya memabukkan, maka sedikitnyapun haram (HR.Ahmsr, Abu Daud,Tirmizi). Rasulullah juga mengingatkan ada 10 orang yang dilaknat terkait dengan khamr yaitu : orang yang memerasnya, orang yang minta diperaskan, orang yang meminumnya, orang yang membawakannya, orang yang dibawakannya, orang yang menuangkannya, orang yang menjualnya, orang yang memakan harganya (uang hasil penjualannya), orang yang membelinya dan orang yang minta dibelikan

Wine adalah khamr
Apakah wine tergolong khamr ? Betul. Wine termasuk minuman beralkohol yang dihasilkan dari fermentasi buah-buahan. Buah yang paling umum digunakan sebagai bahan baku wine adalah buah anggur.
Fruit wine atau country wine, adalah wine yang terbuat dari buah-buahan selain buah anggur. Wine juga dapat terbuat dari pati seperti barley wine, rice wine, dan sake (minuman khas Jepang). Ada juga wine yang terbuat dari hasil destilasi yang disebut sebagai brandy.

Kata wine berasal dari bahasa Inggris tua, yaitu win, yang berarti “menang”. Pada zaman dahulu, minuman ini digunakan sebagai minuman kehormatan bagi para raja. Hingga kini wine memang sering digunakan untuk merayakan suatu momentum atau keberhasilan, ataupun tahun baru.Wine diperkirakan berasal dari Eropa dan populer di seluruh dunia akibat penjelajahan. Minuman ini sering juga disebut sebagai minuman Misionaris karena wine juga digunakan dalam perayaan ekaristi pemeluk agama Katolik. Wine menjadi minuman dalam upacara di gereja.


Di gereja setelah acara misa berakhir dilanjutkan dengan sebuah acara yang bernama Fellowship. Snacks disediakan di fellowship hall yang ada di setiap gereja dan yang disajikan antara lain adalah crackers, buah-buahan, kopi, donat, orange juice, apple juice, grape juice dan satu lagi yang paling spesial adalah wine. Dan wine ini sengaja disuguhkan oleh para Diakon untuk jemaat dewasa.

Kata Bibel tentang khamr
Yeremia 25:27 Kemudian haruslah kaukatakan kepada mereka: Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Minumlah sampai mabuk dan muntah-muntah! Rebahlah dan jangan bangun lagi, oleh karena pedang yang hendak Kukirimkan ke antara kamu!

I Timotius 5:23 Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.

Amsal 9:5 "Marilah, makanlah rotiku, dan minumlah anggur yang telah kucampur;


Pengkhotbah 9:7 Mari, makanlah rotimu dengan sukaria, dan minumlah anggurmu dengan hati yang senang, karena Allah sudah lama berkenan akan perbuatanmu.

Ketika seorang kristen di tanya apakah dia meminum wine ia menjawab : “ya ! saya minum anggur beralkhohol, karena Alkitab tidak melarang meminumnya”. Dan justru banyak pendeta yang menganjurkan untuk meminum wine dengan alasan kesehatan. Alasan mereka, alkohol dalam wine membersihkan pembuluh darah dan pencernaan sehingga mengurangi kolesterol.

Orang Yahudi juga meminum wine. Mereka mempunyai jenis tertentu wine yang digunakan saat ekaristi, yakni yang disebut Jewish Kohser Wine (kohser = halal).
Hanya Islam-lah agama yang konsisten dan tegas melarang Khamr.


Silmy.

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya setuju bahwa anggur, dalam jumlah tertentu memang bermahfaat untuk tubuh ( dan memang tidak dilarang di akitab) - kecuali jika berlebihan sampai mabuk, barulah tidak boleh...
Menurut pemahaman saya, terserahlah agama lain mau mengajarkan apa, anda tidak perlu membandingkan dengan apa yang menjadi keyakinan anda, karena memang jelas-jelas Sumber yang di pakai berbeda, anda menggunakan AlQuran dan saya menggunakan Alkitab....jadi jangan terlalu sibuk membuat /memberi infomasi yang tidak baik dan mendiskriditkan agama lain...

Anonim mengatakan...

ya kalo kita orang papua mau maju, kita harus tinggalkan budaya minum itu dan sex aids itu to. saya perlu ajaran yang membuat saya kuat menghindarinya.

Anonim mengatakan...

benar juga islam itu ya, dia melarang betul kita dari kebiasaan buruk.

Handhika Saputra mengatakan...

Islam menurut saya adalah agama yang berada di tengah2..

Khamar,judi,dan prostitusi di haramkan dalam islam, karena jelas merusak moral, ekonomi, dan kesehatan

Anda bisa lihat...(saya berbicara, berdasarkan fakta dan bukti)
Di daerah2 mayoritas nasrani...hal-hal diatas tidak dilarang, padahal jelas2 merusak kehidupan
(jika memang nasrani tidak mengharamkan pemeluknya), bukti2 kuat dari akibat di atas kan sudah jelas...tetapi kenapa tidak dilarang

Memang benar..kita harus punya ajaran yang kuat dalam menata kehidupan kita secara total dan menyeluruh...
Karna sudah jelas.,jika agama yang kita jadikan ajaran tidak mengajarkan kebaikan secara total dan menyeluruh
Bisa di pastikan itu adalah agama yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan manusia belaka

Salam hormat dari saya
Seseorang yang mencari kebenaran...dan akhirnya saya temukan

Yakni ISLAM

Anonim mengatakan...

Ya biarkan Saja lah. Tak bisakah kita hidup tanpa perbedaan. Itu kan ajarannya. Kita punya ajaran sendiri, mereka juga punya. Mengapa Anda harus memposting ajaran Mereka?

Anonim mengatakan...

" Kita sebagai mc adl ciptaan, jd pecayalah pada ajaran anda... buktikanlah itu melalui segala mujisat yg telah dibuat oleh Tuhan mu kepadamu....
Dan yakin Kristen krn orang yg anda bilang Kristen hanyalah Kristen KTP..." AMIN